Strategi Jitu Menghadapi SBMPTN 2018



Untuk adik-adik yang sudah kelas XII SMA, sudah siapkah kalian mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018? Sudah seberapa jauh kalain menyiapkan semuanya untuk menyambut SBMPTN 2018? Jika sekarang (16/11/17) masih belum ada persiapan sama sekali, maka saya sarankan untuk sesegera mungkin menyiapkannya. Karena menyiapkan semuanya sedini mungkin adalah salah satu cara menjadi orang sukses. Dan agar kalian tidak menyesal di hari kemudian.

Kemudian apa saja yang harus dipersiapkan? Dan kepada siapa kalian harus bertanya atau beronsultasi tentang SBMPTN? Berikut ini akan saya jelaskan kepada kalian. Dan saya doakan mudah-mudahan adik-adik sekalian yang saat ini membaca tulisan ini, khususnya yang akan ikut SBMPTN 2018, bisa lulus dari SMA dengan danem yang memuaskan dan kemudian bisa lulus SNMPTN atau SBMPTN atau paling tidak Seleksi Mandiri PTN. Dan untuk yang mendaftar Bidikmisi mudah-mudahan lamaran kalian diterima oleh dikti.

Baiklah, langsung saja. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut SBMPTN 2018. Tulisan ini sekaligus strategi jitu untuk lulus 100% dari SBMPTN 2018.

1. Kuatkan Tekadmu
Dalam hal 'tekad' biasanya siswa sering putus asa atau bahkan tak percaya diri sebelum berusaha. Sehingga hanya sekedar bermimpi untuk kuliah di PTN saja ia tak berani. Bermimpi atau bercita-cita itu penting karena dengan adanya mimpi maka alam bawah sadar kita akan secara halus mengarahkan diri kita untuk mencapai mimpi tersebut. Intinya, jangan berhenti bermimpi selama bermimpi itu gratis karena sampai kapanpun mimpi itu tidak berdosa dan tidak akan melanggar hukum manapun.

2. Cari Informasi Apapun tentang SBMPTN 2018
Informasi ini berkaitan tentang teknis pendaftaran dan syarat-syarat apa saja yang ditentukan oleh panitia SBMPTN. Secara umum semua sudah tersedia di web site resminya SBMPTN.

3. Menerapkan strategi Belajar yang tepat
Jika kalian punya cukup dana untuk ikut bimbingan belajar maka saya sarankan untuk ikut bimbel karena kalian bisa berkonsultasi dengan para tentor di LBB tersebut. Namun jika beberapa dari kalian tak punya cukup dana untuk ikut LBB, jangan khawatir, kalian masih bisa menyiasati hal itu dengan dua cara. Pertama silahkan beli buku kumpulan soal-soal SBMPTN yang berisi kunci jawaban dan pembahasan. Yang kedua, kerjakan bidang soal yang menurutmu paling mudah dan tinggalkan bidang yang paling sulit. Atau untuk lebih jelasnya bisa melihat di tulisanku yang lain.

4. Mencari informasi tentang Prodi yang diminati
Di poin inilah sering terjadi kesalahan sehingga banyak siswa pintar, ber-IQ tinggi, tapi tidak lulus SBMPTN. Kesalahan itu berasal dari salahnya memilih Prodi karena mereka salah menganalisa Passing grade-nya masing-masing. Artinya, sebelum memilih Prodi apa yang akan kalian pilih maka kalian harus tahu dulu berapa passing grade kalian dengan mengevaluasi try out - try out yang telah kalian lakukan. Setelah itu kalian cari prodi - prodi yang kalian minati di berbagai PTN.

Terakhir, pilihlah Prodi yang sekiranya berpassing grade terjangkau.

Ok. Sekian dulu, ya...!!!
Terima kasih atas kunjungannya...

No comments:

Post a Comment