7 Rahasia Supaya Lulus SBMPTN 2018 dengan IQ Pas-pasan




Rahasia ini kutulis untuk mereka yang benar-benar punya kemauan yang tinggi untuk masuk ke PTN. Iya, yang benar-benar punya kemauan dan keinginan. Karena dalam mengerjakan SBMPTN tidak segampang mengerjakan soal-soal UTS, UAS, atau bahkan UNAS sekali pun.  Akan tetapi jangan khawatir adek-adek. Untuk lulus SBMPTN adek-adek tidak perlu sampai menjadi orang pintar sampai ilmunya sundul langit. IQ pas-pasan pun juga bisa lulus SBMPTN. Banyak yang memiliki IQ tinggi tapi mereka tidak lulus SBMPTN, dan yang ber-IQ pas-pasan malah lulus. Rahasianya apa? Ok. Langsung saja.  

Pertama, Tentukan Jurusan Tesmu
Dalam SBMPTN terdapat tiga jurusan atau bidang tes, yaitu Sosial Humaniora (Soshum), Sains dan Teknologi (Saintek), dan Campuran (untuk penjelasan dari tiga hal tersebut silahkan kunjungi web resminya SBMPTN). Kalian harus memilih terlebih dahulu dari 3 bidang tes tersebut agar kalian bisa mempersiapkan poin kedua.  

Kedua, Beli buku SBMPTN yang ada kunci & Pembahasannya
Belilah buku sesuai bidangmu. Jika bidangmu IPS/Soshum maka belilah Buku Soshum, dan begitu pula jika kamu pilih Saintek atau Campuran. Buku-buku tentang SBMPTN sangat banyak jenisnya. Saya sarankan agar kalian membeli yang 'best seller' atau penyusunnya merupakan lembaga yang berpengalaman. Buku tersebut berisi sekitar 10 paket soal, termasuk try out dan prediksinya. Buku seperti ini wajib kalian beli jika kalian benar-benar ingin aman. Harga dari buku ini sangat bervariasi, tergantung di mana kalian membelinya, ada yang 40 ribu (2016) dan ada pula yang hingga 150 ribu.  


Ketiga, Kerjakan dari materi yang paling kamu sukai terlebih dahulu
Karena buku itu memiliki sekitar 500 halaman, maka tidak mungkin jika kalian kuasai semuanya. Solusinya adalah kuasai TPA dulu, lalu mata pelajaran yang menurut kalian paling mudah. Misalnya: jika Soshum: TPA, Sejarah, Sosiologi, Bhs Indonesia, Geografi, Ekonomi, Matematika, Bhs Inggris. Jumlah soalnya TPA 45 soal, dan yang lainnya 15 soal. Pastikan (target) kalian bisa mengerjakan dengan benar sebanyak TPA minimal 25, dan yang lainnya (Sejarah, Sosiologi, dsb.) minimal 5 soal.   

Keempat, Koreksi hasil kerjaanmu dan Evaluasi 
Setiap selesai mengerjakan paket soal maka koreksilah. Tandai mana yang benar dan mana yang salah. Lalu evaluasi yang salah dan pahami pembahasan soalnya. Lekukan hal ini terus menerus, karena dengan ini bank soal dan pembahasan yang ada di memori atau ingatan kalian akan semakin banyak. Jika seminggu kalian bisa mengerjakan dan membahas satu paket soal yang berisi 150 soal (TKPA 90 soal, TKD 60 soal), maka dalam sebulan kalian akan memahami  (kurang lebih) 600 soal. Kemudian jika ini berjalan selama 4 bulan maka saya pastikan kalian pasti siap menghadapi SBMPTN 2018 dengan penuh percaya diri.  

Kelima, Hitung Passing grade rata-ratamu 
Mengetahui Passing Grade (PG) rata-rata itu sangat penting. Karena dengan mengetahui PG kalian bisa paham seberapa tinggi kemampuan kalian. Dan PG juga sangat berguna dalam menentukan Prodi apa yang sebaiknya kalian pilih. Berikut ini tingkatan PG dalam SBMPTN:
1. Predikat A > 40,00
2. Predikat B = 30,00 s.d 40,00
3. Predikat C = 20,00 s.d 30,00
4. Predikat D < 20,00  

Jika PG kalian A maka berati kalian jenius, berpeluang besar masuk ke Jurusan - Jurusan favorit.

Jika PG kalian B maka berarti kalian cerdas, peluang masuk Jurusan yang banyak diminati.

Jika PG kalian C, berarti kalian lumayan pintar, peluang lulus masih terbuka lebar asalkan kalian tidak salah pilih Program Studi.

Terakhir, jika PG kalian D, berarti kalian harus siap mengulang SBMPTN di tahun yang akan datang.  

Keenam, Pilih Prodi sesuai Passing Grade-mu 
Setiap Program Studi memiliki PG masing masing. Dan setiap Perguruan Tinggi memiliki PG sendiri - sendiri yang berbeda dengan Perguruan Tinggi lain. Maka kalian harus browsing dan men-download  berbagai PG di berbagai PTN yang kalian inginkan. Kemudian cari jurusan yang kamu minati dengan syarat jurusan itu harus sepadan dengan PGmu.  

Cara menentukan Jurusan sesuai Urutan Prioritas saat daftar SBMPTN 2018:
Pilihan Pertama = Nilai PG kalian + 7 
Pilihan Kedua = Nilai PG kalian ±2
Pilihan Ketiga = Nilai PG kalian 7  
 
Terakhir, Berdoa 
Berdo'a adalah bentuk rasa hormat kita kepada Tuhan. Jika kita tidak berdoa maka itu sama saja kita sombong, seakan akan bisa menyelesaikan semua hal sendirian tanpa bantuan Tuhan. Pun berdoa juga termasuk ibadah, jadi sangat rugi jika kita tidak sering-sering berdoa.

Baiklah. Kemudian selain tujuh hal di atas tentu saja kalian harus mendaftarkan diri ke web resmi SBMPTN 2018. Kemudian baca syarat dan ketentuan-ketentuan yang ada di sana. Ketika tes SBMPTN jangan lupa bawa persyaratan dan peralatan yang telah ditentukan.  

Demikian...
Salam Suksess.!!!

No comments:

Post a Comment