Pandangan Salah Besar pada Siswa dan Guru SMA tentang SBMPTN





DELPANAM.COM. Selamat pagi, Adik-adik.. Sekarang saya akan menjelaskan tentang pandangan - pandangan yang SALAH pada Siswa SMA/Sederajat tentang SBMPTN dan PTN. Bahkan di kalangan para guru pun juga demikian. Dengan adanya pandangan-pandangan yang salah teesebut dapat mengalibatkan berkurangnya minat Siswa untuk mengikuti SBMPTN, terutama bagi mereka yang punya IQ pas-pasan dan tak punya biaya.

Berikut ini adalah pandangan - pandangan yang sama sekali tidak benar tentang SBMPTN dan PTN:
a. PTN hanya untuk yang ber-IQ tinggi
b. Hanya anak ber-IQ tinggi yang bisa lulus SBMPTN
c. Harus ikut les khusus persiapan SBMPTN jika ingin lulus
d. PTN hanya untuk orang kaya
e. Siswa SMA/MA swasta sulit diterima oleh PTN

Lima hal di sangat sering saya temukan di wilayah-wilayah SMA sederajat padahal semua itu SALAH BESAR. Sekali lagi saya tegaskan bahwa lima pandangn tersebut SALAH BESAR.  Faktanya adalah;

Pertama, di PTN ternyata mahasiswa yang ber-IQ menengah ke atas tidak selalu lebih banyak dari pada yang ber-IQ rendah. Artinya, mahasiswa yang ber-IQ pas-pasan pun juga ada. Dan sebagian dari mereka masuk melaui SBMPTN.

Kedua, sudah jelas bahwa mereka yang lulus SBMPTN tidak semuanya ber-IQ tinggi. Dan mereka yang ber-IQ tinggi tidak semuanya bisa lulus SBMPTN.

Ketiga, tidak semua yang lulus SBMPTN itu sebelumnya ikut lembaga bimbingan belajar, termasuk saya. Saya lulus SBMPTN tahun 2016 sebelumnya tidak ikut bimbel. Dan ketika di kampus, saya mewawancarai beberapa teman yang satu jurusan banyak yang lulus SBMPTN tanpa ikut bimbel.

Keempat, maaf ya, PTN itu digunakan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa tanpa memandang mereka dari meluarga kaya atau miskin. Untuk yang berstatus kurang mampu secara materiil atau miskin, seperti halnya saya, bisa melamar beasiswa bidikmisi yang diselenggarakan oleh pemerintah RI. Lumayan, bidikmisi memberikan dana untuk perkuliahan selama 8 semester. Dan setiap bulanmya dapat uang saku Rp650.000/mahasiswa.

Kelima, PTN diselenggarakan bagi mereka yang pantas menyandang status mahasiswa. Dan yang pantas menyandang status mahasiswa tidak ditentukan oleh latar belakang SMAnya negeri atau swasta, tetapi dilihat seberapa tinggi keinginannya dan seberapa besar usahanya untuk masuk PTN. Dalam hal itu pun sering banget PTN kecolongan menerima mahasiswa yang tidak layak menyandang status mahasiswa hingga ketika di kampus mereka sering berbuat onar dan melanggar nilai, norma, aturan, dan hukum yang berlaku di kampus.

Maka dari itu, jika kalian hanya memiliki IQ yang pas-pasan, maka kalian jangan berkecil hati. Kalian punya kesempatan yang sama dengan yang ber-IQ tinggi untuk menikmati bangku PTN. Dan kamu pun juga punya peluang yang sama untuk lulus SBMPTN. Namun kamu harus punya trik-trik jitu untuk menghadapi soal-soal SBMPTN. Kamu bisa bertanya kepada mereka yang lebih berpengalaman.

Kemudia jika kamu berasal dari keluarga tidak mampu, maka kini saatnya kamu meningkatkan status sosial-ekonomi keluargamu dengan memulainya melalui masuk ke PTN. Program bidikmisi adalah jawabannya. Silahkan hubungi kesiswaan masing-masing untuk mendaftar ke bidikmisi. Dan jika kalian tidak memiliki uang yang cukup untuk ikut bimbingan belajar maka jangan hawatir karena dalam menghadapi SBMPTN tidak selalu harus ikut bimbel untuk bisa lulus. Silahkan tanya kepada mereka yang berpengalaman atau hubungi penulis.

No comments:

Post a Comment