Trik Meraih Bidikmisi Untuk Siswa MA Al Khidmah Ngronggot (Jalur SBMPTN)




Siapa yang tidak ingin dapat beasiswa bidikmisi.? Kuliah gratis selama 4 tahun, dapat uang 650ribu tiap bulan untuk biaya hidup, dan dapat membuat orang tua bangga tentunya. Aku yakin adek-adekku yang cedas ini pasti sangat ingin mendapatkannya. 

Beasiswa bidikmisi ini, setiap tahun hanya memiliki kuota 80.000 kursi saja se-Indonesia. Sedangkan, yang daftar ada ratusan ribu pertahun. Itu artinya, jika adek-adek benar-benar ingin mendapat bidikmisi, maka harus siap bersaing dengan ratusan ribu (hiperbola) orang dan berusaha dengan tepat

Kenapa saya katakan berusaha dengan tepat, bukan berusaha dengan keras? Itu karena, mereka yang berusaha dengan keras belum pasti dapat lolos seleksi masuk perguruan tinggi dan mendapat bidikmisi. Sedangkan yang berusaha dengan 'tepat', pasti dapat lolos dan dapat bidikmisi. 

Lantas bagaimana cara untuk berusaha dengan tepat? 
Silahkan baca tulisan ini.!

BERUSAHA KERAS
Tentu saja berusaha keras harus dilakukan. Setiap pendakian yang tinggi pasti memerlukan usaha yang banyak pula. Bentuk berusaha keras ada banyak, diantaranya: mau cari informasi via apa pun, mau kehilangan uang untuk beli buku dan bensin untuk riwa-riwi, mau sinau walau pun satu jam per hari, dll. Namun semua usaha tersebut harus dilakukan dengan tepat agar semuanya tidak sia-sia. Eman-eman uangnya, waktunya, kringatnya, dan sinaunya, jika adek-adek tidak melakukan usaha tersebut dengan tepat.

BENTUK-BENTUK BERUSAHA DENGAN TEPAT

1. CARI INFORMASI DENGAN TEPAT
Untuk yang belum paham apa itu bidikmisi, SNMPTN, SBMPTN, SPMB, SPAN PTKIN, UMPN, UMPTKIN, dsb. carilah informasi-informasi tentang hal tersebut melalui web resminya, misalnya SNMPTN di www.snmptn.ac.id, SBMPTN di www.sbmptn.ac.id, dsb. Carilah penjelasan tentang hal tersebut di web itu, semuanya silahkan dipahami. Kemudian bila ada yang kurang jelas, silahkan tanya kepada mereka yang memang benar-benar berpengalaman dengan hal tersebut.

2. KONSULTASI BIDIKMISI DENGAN ORANG YANG TEPAT
Tidak semua guru paham bagaimana cara jitu agar dapat lulus SBMPTN dan Bidikmisi. Maka, adek-adek harus berusaha mencari tahu siapa yang paham hal tersebut dan kensultasi kepada mereka, supaya bisa lulus SBMPTN dan Bidikmisi.

3. ANALISA KEMAMPUAN DIRI DENGAN TEPAT
Sebelum memilih Jurusan, adek-adek harus paham dan sadar: seberapa kemampuan adek-adek dalam menghadapi soal-soal SBMPTN yang notabene berstandar seperti Olimpiade Tingkat Nasional? Berapa passing grade kalian? Dan adek-adek harus sesering mungkin melakukan Try Out sendiri (latihan ngerjakan soal) agar bisa tahu passing grade-nya.

4. ANALISA POTENSI SEKOLAH DENGAN TEPAT
Untuk SBMPTN, adek-adek tidak perlu hawatir mengenai sekolah kita yang hanya terakreditasi B dan sedikit prestasi. Karena SBMPTN tidak menilai dari dua hal tersebut, yang penting nilai SBMPTN adek-adek melebihi nilai minimum, maka pasti lulus. Sedangkan, untuk SNMPTN adek-adek harus tetap mempertimbangkan akreditasi sekolah & prestasinya.

5. SINAU DENGAN TEPAT
Untuk adek-adekku di MA Al Khidmah Ngronggot, target soal yang harus dikerjakan dan harus benar adalah 50 soal dari jumlah total 150 soal. Targetkan TKPA bisa benar 30, kemudian TKD Shoshum/Saintek benar 20. Itu sudah aman. Agar adek-adek bisa mengerjan dengan benar minimal 50 soal, maka harus menggunakan trik belajar dengan tepat. Antara lain sebagai berikut :

a. Sinau minimal 1 jam tiap hari. Pagi setengah jam, malam setengah jam. Ini minimal.
b. Istiqomah/berkelanjutan setiap hari dengan waktu yang sama dari sebelumnya.
c. Kuasai dulu TKPA dengan cara mengerjakan paket soal TKPA SBMPTN asli. Silahkan download atau beli bukunya di Toko Oskar Kediri. Di buku itu ada lebih dari 6 paket Soal TKPA SBMPTN setiap tahun.
d. Setelah adek-adek menguasai TKPA, baru belajarlah TKD. Konsep belajarnya berbeda antara Shosum dengan Saintek. Kalau Shosum, adek-adek hanya cukup mengerjakan, kemudian mengoreksi hasil kerjaan dengan sambil memahami dan menghafalnya. Sedangkan kalau Saintek, harus senang menghitung dulu, kemudian rajin mengerjakan soal-soal satu bab - satu bab. Setelah bab satu dikuasai, baru pindah ke bab selanjutnya.

6. PILIH PRODI DENGAN TEPAT 
Berikut ini tahap-tahap yang harus dilakukan untuk memilih Prodi yang tepat :
a. Ketahui dulu Passing grade rata-rata dengan cara Try Out soal-soal SBMPTN. Gunakan Rumus penghitungan Passing grade yg benar.
b. Pilihlah Prodi yang adek-adek inginkan. Kemudian, pilih PTN yang ada prodi keinginan kalian. Lalu cari PTN yang Passing grade kalian bisa mencapainya.

7. BERDO'A DENGAN TEPAT
Berdo'a itu wajib hukumnya, agar kita sadar bahwa kita tak berdaya sedikit pun kecuali atas bantuan-Nya. Ada 4 hal yang harus kita lakukan ketika akan meminta sesuatu kepada-Nya.

Pertama : buat agar Allah kasihan kepada kita (walau pun sebenarnya Allah bisa saja tidak kasihan) karena melihat kita bersusah payah dengan berusaha dan belajar sungguh-sungguh hanya untuk bisa kuliah.

Kedua: baca hamdalah sebagai rasa syukur kepada Allah atas nikmat yang diberikan-Nya kepada kita berupa otak dan akal untuk mendalami ilmu-Nya yang sangat luas. Dan berbagai alasan lainnya yang dapat melatarbelakangi rasa syukur tersebut.

Ketiga : setelah hamdalah, kemudian baca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai rasa terima kasih kita kepada beliau. Ingat, hamdalah dulu baru kemudian sholawat, jangan dibalik.! He.he..

Keempat : sapalah Allah dengan nama-nama baik-Nya, misalnya: Ya Rahman, Ya Rahim, Ya Rozaq, Ya Mujibas sailin, dsb.

Barulah mengucapkan apa saja yg kita inginkan. Silahkan menggunakan bahasa sendiri. Anggaplah kita sedang berhadapan langsung dengan-Nya. Gunakanlah kata ganti 'Allah' dengan menggunakan kata 'Duh Gusti', 'Sampean', Jenengan', dan apa pun saja yang membuat hati nyaman, karena Allah sungguh Maha Pengasih lagi Maha Penyayang mepada hambanya yang shalih.

UNTUK ADEK-ADEKKU DI MA AL KHIDMAH NGRONGGOT
Berikut ini PTN yang aku rekomendasikan untuk kalian yang benar-benar ingin mendapatkan bidikmisi lewat jalur SBMPTN :
1. Universitas Negeri Malang (UM)
2. Universitas Brawijaya (UB)
3. Universitas Negeri Jember (UNEJ)
4. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jatim
5. Universitas Tidar, Magelang

Dari 5 PTN di atas, silahkan pilih Prodi yang Passing gradenya (PG) di bawah 25%. Taruhlah Prodi yang PGnya paling tinggi di pilihan pertama, kemudian yang PGnya lebih rendah ada dibawahnya, dst. dst.

Demikian tulisan ini saya buat. Sekali lagi, tulisan ini saya tujukan khusus untuk siswa-siswi MA Al Khidmah Ngronggot, bukan yang lain. Karena setiap sekolah pasti memiliki caranya masing-masing sesuai dengan tingkat kecerdasan siswa, prestasi siswa, dan akreditasi sekolah. Sekian. Terima kasih.

Salam suksess..!

Dadapan, 31 Juli 2016
Muha Syarif

No comments:

Post a Comment