Registrasi Bidikmisi Hanya dengan Dua Tahap





DELPANAM.COM. Bidikmisi adalah program pemerintah dalam bentuk dana pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri yang diperuntukkan kepada anak-anak dari keluarga tidak mampu yang punya kemauan untuk menikmati bangku kuliah. Semoga program ini benar-benar efektif dalam rangka mengentaskan kemiskinan di negara kita.

Baiklah, kali ini penulis akan membahas apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendaftar Bidikmisi, khususnya mendaftar via Online di web site: http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id, web site resmi Bidikmisi. Dalam mendaftar Bidikmisi ada beberapa tahap yang harus dilalui.

Berikut ini akan penulis jelaskan tahap-tahap pendaftaran Bidikmisi sekaligus data yang diperlukan pada masing-masing tahapnya.

1. Merekomendasikan Siswa di website
Dalam tahap ini admin Bidikmisi dari pihak sekolah harus memasukkan nama-nama calon Bidikmisi yang direkomendasikan setelah pihak sekolah mengevaluasi kelayak-terimaan Bidikmisinya. Untuk memasukkan nama-nama siswa syaratnya hanya satu, yaitu NISN siswa. Dalam hal ini perlu diketahui bahwa NISN ini wajib hukumnya dan harus valid.

Dalam hal NISN, penulis sering menemukan siswa yang memiliki NISN yang  tidak valid sehingga mereka gagal mendaftar Bidikmisi akibat hal yang seharusnya ketidak-valitan NISN tersebut. Maka dari itu, penulis menyarankan kepada para siswa yang ingin mencalonkan atau melamar Bidikmisi untuk mempersiapkan dan menge-cek kevalitan NISN masing-masing mulai saat ini. Agar jika NISN kalian tidak valid, kalian bisa mengurusnya dengan tidak tergesa-gesa. Pun pihak sekolah harus komunikatif dengan siswa agar proses peng-input-annya berjalan lancar.

2. Registrasi Siswa
Setelah tahap pertama selesai, pihak sekolah harus memberikan bukti perekomendasiannya kepada siswa karena di sana siswa akan mendapat No. Pendaftaran dan Kode Aksesnya masing-masing untuk digunakan log in ke http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Hal-hal yang harus diisi atau di upload oleh siswa setelah berhasill log in adalah sebagi berikut:
a. Mengisi kolom Biodata
b. Mengisi kolom tentang keluarga
c. Mengisi kolom tentang ekonomi
d. Mengisi kolom tentang aset-aset keluarga (opsional)
e. Mengisi kolom prestasi (opsional)
f. Mengisi kolom rencana hidup
g. Mengisi kolom kondisi rumah
h. Mengisi kolom Jalur Seleksi

Kemudian dokumen-dokumen yang harus diupload adalah:
1. Pas Poto berwarna
2. Poto bersama keluarga
3. Poto Rumah tampak depan
4. Poto Ruang tamu/keluarga
5. Scan SK Tidak Mampu dari desa/kel.
6. Scan Piagam Penghargaan minimal juara 3 tingkat kabupaten dan/atau SK Ketua OSIS (Opsional) 

Selanjutnya, untuk lebih jelasnya silahkan download pedoman bidikmisi di http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id aja.

Salam suksess.!!!

No comments:

Post a Comment