Saya Akan Pulang Pekan Depan


Saya di sini aman, kok. Walau pun Kota Malang statusnya menjadi zona merah Covid-19, saya sudah berupaya melakukan protokol kesehatan sebagaimana yang telah disosialisikan oleh pemerintah. Mungkin kini keluarga di rumah mencemaskan keadaanku, sehingga menanyakan 'kenapa tidak pulang aja ke rumah?'.

Bapak, Emak, dan seluruh keluarga di rumah, tenang aja. Saya masih harus menyelesaikan tugas-tugas yang belum terurus. Setelah urusan ini kelar, atau setidaknya sebagain, maka saya akan segera pulang.

Kondisi Kota Malang semakin hari semakin sepi. Kampus saya juga sepi. Semua mahasiswa baru pada pulkam ke rumah masing-masing. Apa lagi tadi keluar surat edaran Rektor bahwa perkuliahan daring diperpanjang hingga 29 Mei 2020. 

Malam ini sebenarnya ada agenda rapat organisasi membahas terkait keberlangsungan pergerakan di masa darurat Covid-19 ini. Namun, kuputuskan untuk tidak hadir rapat. Bukan karena malas, tapi berupaya mengurangi berkerumun dengan orang banyak. Tadi siang, saya sholat Jum'at juga sengaja datang terlambat. Saat bilal mengumandangkan iqomah, saya baru sampai di Masjid. Dan saya berdiri di shaf paling belakang di ujung kiri.

"Pulang" adalah suatu hal yang selalu saya inginkan. Sebab, bagaimana pun juga, hidup di kampung halaman tetap jauh lebih nayaman dari pada di perantauan. 

Saya juga agak cemas, sih. Ketika saya pulang, saya harap bisa menjaga jarak aman dengan orang-orang di kampung. Sebab, kita tidak tahu, apakah saya dari Malang ke kampung ini membawa virus atau tidak. Saya sehat bukan berarti saya aman dari virus. Bisa saja antibodi di tubuh saya cukup kuat untuk menahan virus berkembang biak, sehingga saya tetap bisa melakukan banyak hal. 

Covid-19 ini 'kan sering menyerang orang berusia 40 ke atas. Bahkan mayoritas di atas 50 tahun. Saya khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di kampung halaman gara-gara saya pulang. Namun, saya juga tidak mau paranoid. Selama di Malang saya tidak pernah berkerumun dengan orang banyak, maka logikanya saya 'sehat' dan 'tidak terkena virus'. Jadi, akan kuusahakan awal bulan depan saya akan pulang.

Lantas bagaimana dengan skripsi saya?[*]

No comments:

Post a Comment