12 November 2020, Lahirnya Saham Pertamaku

Pasar modal merupakan pasar yang selalu unik di alam pikiranku. Saking begitu uninya, sampai catatan ini ku tulis, aku masih tidak paham cara bermain di dunia itu. Wajar, dulu waktu SMA saya jurusan IPA. Itu pun Madrasah Aliyah yang dikelola oleh pihak swasta di pedesaan.


Sebenarnya sudah lama saya ingin belajar tentang pasar modal, masuk ke dunia investasi dan jual-beli saham. Namun, sekarang baru bisa mencicipi hal itu. Masih belum terlambat sih, soalnya belum berusia 25 tahun. Jadi masih banyak waktu untuk benar-benar masuk ke dunia tesebut.


Mengenai saham pertama yang ku beli, sebenarnya masih sangat jauh dari kata "kecil", saya hanya beli 5 lot (500 lembar) saham. Itu pun saham yang harga per lotnya tidak sampai 200 ribu. Sangat sedikit bukan? Haha.


Saham yang saya beli pertama adalah dari Perusahaan Gas Negara Tbk. Saham dengan kode PGAS tersebut saya beli sebanyak 200 lembar (2 lot) dengan harga per lembarnya adalah Rp. 1.080,-. Jadi totalnya adalah Rp. 236.000,-.


Saham kedua adalah dari Global Mediacom Tbk atau induk perusahaan MNC Group, salah satu perusahaan terbesar yang bergerak di bidang media dan informasi. Kode perusahaan ini ialah BMTR. Harga per lembarnya saya beli Rp. 236 dengan total sebanyak 300 lembar. Jadi totalnya ialah Rp. 70.800,-.


Itulah saham pertamaku. Totalnya hanya sekitar Rp. 300 ribu. Semoga bermanfaat.


Oh, iya,.. Sekuritas yang saya gunakan ialah Ajaib Sekuritas dengan kode referral syar438.

No comments:

Post a Comment